Saturday, December 12, 2009

Kangeeeenn,..!!

Saturday, December 12, 2009 3
Dear my blog,..
Miss U very much,..


Sejak status di facebook berubah dari "in relationship" to "married", otomatis rutinitas juga berubah. Dari yang dulunya ngurus diri sendiri, sekarang sudah ada orang lain yang diurusin :)

Sebenarnya, awal persiapan pernikahan, sekitar bulan September, saya masih sempat menulis di blogku yang satu, my blog wedding, . Cuma ujung-ujungnya, ngadat di tengah jalan, karena kesibukan yang seabrek,..maklum segala persiapan saya yang ngurus,..

Selain itu, modem Speedy saya di rumah juga lagi gak beres,..ke warnet juga malas,..jadilah blog saya gak keurus :(

Moga-moga modem Speedy di rumah cepat diperbaiki,..jadi bisa nulis..nulis..lagi!!

Tuesday, August 18, 2009

www.duahatijadisatu.blogspot.com

Tuesday, August 18, 2009 7

Duh, akhirnya kesampaian juga buat blog wedding. Walau masih acak-acakan n postingan yang masih limit, tapi alhamdulillah jadi juga,..
Blog wedding ini renacananya berisi persiapan pernikahan kami (Insya Allah) n segala sesuatunyalah about wedding. Moga aja bermanfaat buat calon pengantin lainnya,..

Sunday, August 02, 2009

Pamali', percaya atau tidak?

Sunday, August 02, 2009 9


Kata nenek saya, jangan duduk di depan pintu, nanti jodohnya kehalang. Atau jangan membuang nasi kalo sudah kenyang, nanti rejekinya lewat.

Pamali, ada yang hanya menganggapnya cuma mitos semata. Namun, bagi saya, larangan nenek saya bukan tak ada alasannya. Coba kita lihat dari segi logika, duduk depan pintu, bisa saja menghalangi orang lewat, dan sapatau dia jodohmu. Atau membuang sisa nasi bila sudah kenyang, bila dilihat dari hukum Islam, artinya bisa saja membuang-buang rejeki.

Ada juga lho pamali’ yang menjurus ke syirik. Contohnya, pamali’ berfoto bertiga katanya yang di tengah cepat meninggal. Lah, persoalan hidup mati ada di tangan Yang Di Atas. So, percaya pamali’ sah-sah saja, selama tidak melanggar aturan agama.

Di Adat Bugis, ada juga pamali yang melarang dua saudara kandung menikah dalam satu tahun, nih artinya apa ya?

pic dari sini http://radityadika.com/wp-content/uploads/2009/01/di-depan-pintu.jpg

Thursday, July 30, 2009

Tuna Cinta

Thursday, July 30, 2009 5


Selain tuna wicara, tunda rungu, tuna netra, tuna wisma, ternyata ada juga ya tuna cinta,..nih di lirik lagunya Kris Dayanti - Menanti Cinta,..
Mmm..dalam bangeet maknanya.., lagu ini pertama saya dengar di radio mobil temanku, bulu kudukku merinding, rasa pengen nangis,..apalagi di lirik "tuntun hatiku dalam sabar menanti jodohku"..hikksss,..

Sejak lama aku berdiri
dalam sepinya rongga hati
tak satu pun burung
mampu menjawab

hanya padaMu ku bertanya
lewat setiap sujudku ini
siapa kah nanti
cinta untukku

reff:
wahai penilai hati lihat batinku
nyaris bernanah karna luka tersayat
merana menantikan cinta dan kasih hidupku

rahasia itu hanya Kau yang tahu
namun aku tak mau jadi tuna cinta
tuntun hatiku dalam sabar menanti jodohku

rahasia itu hanya Kau yang tahu
namun aku tak mau jadi tuna cinta
namun harus ku ikhlaskan nasib cintaku padaMu

Menanti Cinta - Kris Dayanti

Saturday, July 25, 2009

Update blog dari ponsel

Saturday, July 25, 2009 6
Ini karena faktor malas aja nyalain laptop, aktifin speedy, jadinya pingin nyoba nulis di blog lewat ponsel.
Tadi sih,pingin upload foto juga dr ponsel, cuma gak berhasil. Mm..emang cuma BB yang bisa ya? *mupeng..,
Just for info, saat ini saya pake Sony Ericson,W580i..
Duh,jadi pegel juga neken tutsnya,,:-)

Wednesday, July 22, 2009

OaHm,..beLajar,..beLajaR,..

Wednesday, July 22, 2009 5
Mmm..rasanya otak ini sudah buntu usai wisuda kemarin,..uuh..tak sanggup lagi mau buka buku,baca buku, ngapal,..mm...berattt..@!#$$*!! Tapi,mau gimana lagi, tinggal seminggu lagi ujian kompetensi dokter gigi diadakan,..mm,..musti kerja keras dari sekarang. Artinya, harus stop (minimal dikurangi lah) buka fb, blog, etc, kecuali yang berhubungan dengan ilmu kedokteran gigi,..
Semangattt!!!

Sekedar info:
Buat apa sih ujian kompetensi dokter gigi diadakan?
Nih, dikutip dari http://www.kdgi.org/


Kolegium Dokter Gigi Indonesia

Paradigma baru pelayanan kedokteran gigi menempatkan pasien sebagai fokus pelayanan yang harus diberi kepuasan, keselamatan, dan kenyamanan. Oleh karena itu, dokter gigi dituntut untuk bersikap demokratis, menghargai hak-hak pasien, terbuka, akuntabel, dan memperhatikan aspek hukum. Dalam hal ini, profesi dokter gigi dituntut untuk bersikap profesional, mempunyai kompetensi akademik-profesional yang memadai, dan bersikap etis.

Undang-Undang tentang Praktek Kedokteran No. 29 tahun 2004 mengarah pada pencapaian mutu pelayanan dokter gigi dengan konsep dasar melindungi masyarakat, membimbing dan membina dokter, serta memberdayakan institusi pendidikan dan profesi. Melalui Undang-Undang tesebut, dokter gigi dituntut untuk mampu belajar aktif dan mandiri, berbasis pada sikap dan kemampuan belajar secara berkelanjutan sesuai dengan asas belajar sepanjang hayat.

BAB VI, Pasal 29 ayat (3) Undang-Undang No. 29 tahun 2004 tentang UUPK, mengamanatkan bahwa untuk melakukan praktik kedokteran di Indonesia, dokter/dokter gigi harus terdaftar di Konsil Kedokteran Indonesia (KKI). Untuk itu, mereka harus memiliki Surat Tanda Registrasi (STR) yang diterbitkan oleh KKI. Salah satu syarat untuk mendapatkan STR, para dokter/dokter gigi harus memiliki Sertifikat Kompetensi yang dikeluarkan Kolegium Dokter Gigi Indonesia (KDGI).

Perkembangan IPTEK bidang kedokteran gigi dan teknologi informasi, disertai tuntutan masyarakat atas mutu pelayanan kedokteran gigi, membuat KDGI harus menjaga dan membina kompetensi dokter gigi di Indonesia. Salah satu upaya untuk menjaga mutu pelayanan dokter gigi di Indonesia, KDGI telah memutuskan bahwa Sertifikat Kompetensi bagi dokter gigi lulusan baru, hanya diberikan apabila mereka telah lulus Uji Kompetensi.



Saturday, July 18, 2009

Graduation Day [part 2]

Saturday, July 18, 2009 2
Wisuda merupakan prosesi pelantikan mahasiswa setelah menempuh masa belajar pada suatu universitas. Biasanya, prosesi ini sama sakralnya dengan hari lamaran atau pernikahan. Setiap orang pasti ingin tampil sempurna di hari kelulusannya ini. Karena itu, sebelum hari H, dilakukan berbagai persiapan, dari masalah gedung sampai hal yang detail.

Behubung saya sudah lulus, saya ingin berbagi persiapan menjelang hari yudisium dan wisuda pada 24 dan 26 Juni lalu, khususnya untuk calon wisudawan FKG Unhas,..

H-9 Rapat pertama. Pastikan berapa wisudawan yang ikut dalam prosesi yudisium dan wisuda. Daftar nama wisudawan bisa diperoleh di bagian Akademik FKG Unhas. Dalam periode saya, keseluruhan peserta yudisium untuk dokter gigi (DRG) ada 31 orang dan sarjana kedokteran gigi (SKG) ada 26 orang. Dalam rapat dibahas mengenai biaya yang harus dibayar untuk setiap calon wisudawan. Di sini,kami mematok untuk DRG biayanya sekitar 350.000/orang dan untuk SKG sekitar 150.000/orang. Pertimbangannya adalah, pada hari yudisium, dokter gigi diperbolehkan membawa orang tua untuk menghadiri acara tersebut. Sehingga tanggungannya lebih besar daripada SKG.

Kalau bisa, tunjuk bendahara yang dipercaya untuk memegang uang banyak dan tentu saja yang memiliki rekening di bank. Tentukan pula kapan terakhir pembayaran.

Dalam rapat ini,kami mulai memilah- milah mengenai :

  • Gedung.

    Ada beberapa pilihan, yakni Gedung PKP, Auditorium Kedokteran dan Aula Lama FKG Unhas

  • Catering

    Pilihannya ada : Catering Melati, Catering Glory, Catering Marina, Catering Seruni

  • Dokumentasi

Nih rinciannya:

  • Gedung :
    • PKP (Pusat Kegiatan Penelitian) Unhas

      Biaya sewa gedung : 850 ribu rupiah

      Biaya ini sudah termasuk kebersihan gedung, kursi, dll.

      Tambahan (opsi,bisa dipakai atau tidak) : Backdrop 250rb, taman sekitar panggung 500rb

    • Auditorium Fakultas Kedokteran

      Biaya sewa gedung : 1 juta rupiah

      Biaya ini belum termasuk sewa kursi,dll

    • Aula Lama FKG Unhas

      Karena wisudawan yang ada cukup banyak, kami tidak mempertimbangkan lebih lanjut opsi ini mengingat ruangan dikhawatirkan tidak memenuhi kapasitas undangan

  • Catering :

    Dari masukan di dalam rapat pertama,kami sepakat untuk mengfollowup catering Glory

    Di catering ini, ada berbagai paket, yakni

  • Dokumentasi

    Seperti yudisium periode sebelumnya, biaya dokumentasi yudisium sekitar 600 rb


H-7 Rapat Kedua. Penentuan gedung, catering, dan dokumentasi dan pelunasan pembayaran.

Disepakati acara yudisium dilaksanakan di Gedung PKP Unhas, dengan catering Glory, untuk 250 orang. Melunasi sewa gedung di PKP dan membayar biaya panjar untuk Catering Glory,yang bertempat di jalan RS Faisal.

H-5 Rapat ketiga,bersama dosen kami,drg. Rahmat. Di sini kami membicarakan hal yang lebih detail lagi seperti slide show, padel, paduan suara, rincian dokumentasi, rohaniawan, serta undangan untuk para dosen dan orang tua.

Disepakati rincian dokumentasi yudisium adalah 600ribu dan 35 ribu per orang apabila ingin berfoto di studio mini, untuk dua kali cetak yakni berpose sendiri dan berpose bersama orang tua.

H-2 Mengambil undangan untuk orang tua di bagian akademik

H-1 Gladi resik di PKP

Moga rincian ini bermanfaat buat calon wisudawan FKG Unhas berikutnya. Sukses!!



Wednesday, July 08, 2009

Graduation Day [ part 1]

Wednesday, July 08, 2009 6
Alhamdulillah, akhirnya gelar itu kusandang juga. Tapi, perjuangan tidak sampai di sini kawan. Masih ada ujian yang lebih berat lagi di depan sana. Ujian kompetensi dan ujian sesungguhnya di tengah masyarakat.
Gelar ini kupersembahkan buat almarhum ayahanda tercinta. Semangat dan dukungannya sewaktu beliau masih hidup. Mama, kakak Ulva, dan adek Rio yang tak pernah henti menebarkan cinta dan bantuannya untuk menyelesaikan studi ini. Ammang, yang selalu membuat impian dan khayalan jadi nyata. Para dosen dan teman teman seperjuangan di klinik Kandea FKG Unhas. Mmm..i will miss all of U,..

Yudisium dihadiri mama dan kakak

Meluapkan kebahagiaan bareng Ochi dan Fina

My graduation

Our happy day

Bareng 31 dokter gigi baru

Di depan Baruga A.P Pettarani Unhas

si PW (Pendamping Wisuda)

Sunday, June 28, 2009

buat blog lagi atau,..

Sunday, June 28, 2009 3

Mumpung lagi liburan, pingin belajar buat adsense,..itung-itung nambah penghasilan lewat internet,..
Apa musti buat blog lagi ya? yang isinya lebih berbobot,bukan hanya my real life story. Kalau iya,mungkin isinya lebih ke ilmu kedokteran gigi atau semacamnya lah.
Tapi, takutnya gak bisa sering-sering update. Satu blog aja kadang lama banget ngupdate-nya,..mmm..bingung!!

Sunday, June 21, 2009

Resensi film : Feast of love

Sunday, June 21, 2009 6
VCD
Feast of love
Cast : Morgan Freeman
Place : My room

Feast of love, a story for anyone with an appetite for love.
A love story, penuh dengan kebahagiaan dan haru biru. Seperti film ini, yang coba mengangkat how love is it. Ada yang bilang cinta itu seperti trik dalam dunia, just for make a baby. Ada juga yang bilang love is everything in this world.
Drama romantis yang ringan namun tetap menyentuh. Di film ini menggambarkan beberapa pasangan dengan kehidupan cintanya masing-masing. Ada kisah suami dengan istrinya yang lesbian,namun kemudian menikah lagi dan berpisah [lagi]. Ada juga kisah Romeo dan Juliet, jatuh cinta pada pandangan pertama, namun akhirnya dipisahkan dengan kematian. Tak cuma itu, masih banyak kisah cinta yang menarik di dalam film ini.

My score : ***

* mending gak usah nonton
** kalo gak ada film lain, bolehlah
*** lumayan,..
**** rekomendasi buat ditonton
***** wajib nonton!!

Resensi film : A True Story, Changeling

VCD
A True Story, Changeling
Directed by: Clint Eastwood
Cast : Angelina Jolie

Film bersetting tahun 1928 ini bercerita mengenai seorang wanita, Christine Collins (Angelina Jolie) yang kehilangan putranya, Walter Collins. 5 bulan kemudian, pihak kepolisian Los Angeles, LAPD,mengklaim telah menemukan anak dengan ciri-ciri yang sama dengan Walter. Namun, Christine mnegaku bahwa anak itu bukanlah putranya. Kapten Jones, LAPD, pun tak mau kehilangan muka di hadapan pers dan masyarakat bahwa ia lalai melakukan tugasnya. Ia memaksa Christine Collins untuk mengakui anak ini memang putranya. Sampai Christine pun dijebloskan ke RS Jiwa, karena dianggap membangkang perintah polisi.
Film ini mengangkat bagaimana citra kepolisian dan pemerintah Los Angeles di jaman itu. Mereka terkenal dengan korupsi dan kinerjanya yang buruk. Bahkan, di film ini dikisahkan LAPD memiliki regu tembak yang terdiri dari 50 polisi terkejam yang telah dilengkapi dengan senjata mesin, untuk menghukum penjahat jalanan tanpa melalui proses pengadilan. Selintas mengingatkan saya akan operasi Petrus(Penembak Misterius) pada jaman Soeharto dulu, sekitar tahun 80an.
Apakah Angelina Jolie berhasil menemukan putranya? Akan anda temui jawabannya di akhir film. Selamat menyaksikan.
My score : ****
* mending gak usah nonton
** kalo gak ada film lain, bolehlah
*** lumayan,..
**** rekomendasi buat ditonton
***** wajib nonton!!


Salah satu cuplikan film Changeling

Tuesday, June 02, 2009

liriK laGu tHe law -- dhani muLan

Tuesday, June 02, 2009 27
Nih lagu, liriknya bener-bener asalll,..
menTang2 lagu rap,..seperti eminem,.yang kebanyakan liriknya mengkritik person or social,..
coba liat di lirik:

Hellow everybody, my name is the law, and I got lil’ some y’all Kepala gue pusing muter-muter gak berhenti Setiap kali gue liat tayangan di televisi yg kayak kekurangan berita kurang kerjaan Orang kawin cerei kok di jadiin bahan Ngurusin diri sendiri aja pada gak becus Urusan rumah tangga orang mo ikut di urus Orang mo kawin cere Orang mo nikah sirih Mo kumpul sama kebo, mo kumpul sama sapi
Lagi-lagi mulan, lagilagi dhani 2x
---------------> nih nyinggung infotainment yang kerjaannya ngulik dhani mulan mulu,..uffH

Ngakunya sih pakar tapi kelakuan nakal, suka liat gambar porno dan di sebar-sebar Kepingin jd tenar tapi gak punya nalar, seni dibilang pelecehan bendera nasion
al Tapi kasus lu gagal, dasar manusia binal, dan gue bilang final, lu cuman numpang Tenar hahahaha..
--------------->
nih soal Roy Suryo yang pernah buat Ahmad Dhani "panas" soal laporan Roy Suryo ke Mabes Polri mengenai penghinaan bendera merah putih di salah satu videoklipnya Dewa 19

Ahmad dhani dan mulan nikah sirih di Sidney Jadi hot news disetiap televise Dikupas tajam, setajam pisau dapur, tapi sayang ternyata pisaunya tumpul Narasi tolol yg bikin otaknya di dengkul Yang bacain tolol tapi bodynya sexy, jadi bikin gue kepingin aha aha
--------------->
infotainment lagi,..kali ini giliran Silet yang disinggung The Law,..dan presenternya Feni Rose yang katanya tolol ?!

Gue jadi pengen muntah liat manager artis yg kebanyakan gaya
Tapi di la
gu ini kan gue gak nyebut nama, jadi jangan marah dong, ampuun bundaaa
------------->
bunda khan panggilan dari Al,El, Dul ke Maia..ooo..nih soal manager artisnya Maia ya? si Pipit itu khan?

Ada gigolo yg mw ikut-ikutan, katanya dhani anak band yang gak berpendidikan
Cuma lulusan SMA tapi fansnya segudang
Lu cuma maniak yang suka cwe 40′an
--------------> Nah ini yang saya gak tau,..gigolo itu yang dimaksud siapa ya????


pic from :http://2.bp.blogspot.com

Friday, May 22, 2009

Akhirnya bisa liburan bareng dia,..

Friday, May 22, 2009 1
Dia super sibuk. Menurutku begitu. Walaupun mungkin kenyataannya tidak juga. Namun, tuntutan sebagai jurnalis yang membuatnya demikian. "Nongkrong" berjam-jam di warung kopi, sambil menunggu liputan hari itu. Jam kerjanya pun tak jelas. Tak seperti pegawai kantoran yang masuk kerja dari jam 8 pagi hingga 4 sore. Tergantung peristiwa apa yang terjadi hari itu. Itulah yang membuatnya sulit untuk beranjak dari Makassar, takut ketinggalan momen, katanya.

Namun akhirnya,saya bisa membujuk dia untuk ikut dalam acara liburan keluarga, di Pulau Panambungan. 45 menit dari Makassar, bertolak dari Anjungan Pantai Losari menggunakan speed boat. Sempat khawatir juga, kalau di tengah liburan, ada liputan penting di Makassar. Tapi, syukurlah hari Sabtu Minggu, 9-10 Mei lalu, kami bisa menikmati liburan dengan tenang. Snorkling, flying fox, jagung bakar dan api unggunnya. Mmmm…jadi tak sabar untuk kembali berlibur bersamanya. I hope someday and it's called honeymoon,..

Liburan bareng,..hmmm..

On the boat,..

Panambungan Island,..

Dia & flying fox,..




I'm lucky I'm in love with my best friend



Tuesday, May 05, 2009

Flying fox ala Dufan Mattampa

Tuesday, May 05, 2009 4

Liburan usai Pemilu 9 April lalu,saya, Sitha,Fina,Mila,Ipeh dan Emi rekreasi ke rumahnya Ira, di Barru. Yaa,..sekitar 3 jam lah dari Makassar. Sampai di Barru, pake acara kesasar, sampe musti nanya ke Pos Polisi. Untung pak polisinya baek-baek (plus cakep,hahaha). Penatnya perjalanan tadi hilang kebawa arus pantai Barru. Berenang, mencoba lulur pasir pantai ala Ipeh, sampai hantu laut ala Fina. Dan tak pasti ketinggalan, acara foto-fotonya (teteup narsis)!

Cukup semalam di Barru dengan segala kegilaannya,.. berfesbuk ria, nonton bareng Be A Man II di Global TV dengan segala calla'annya, main remi dengan hukuman bedak dinginnya, What's an unforgettable moment!! Esok siangnya,kami pamit pulang untuk melanjutkan liburan di Dunia Fantasi (Dufan) Mattampa, Pangkep. Sekitar 1 jam dari Barru. Tiba di Mattampa, oaah..teriknya matahari siang itu. Untung ada Fina dan Sitha yang selalu setia bawa payung.

Tiket masuk untuk orang dewasa, sekitar 3ribu rupiah. Di dalam Dufan ini, memang banyak arena permainan untuk keluarga. Tak heran, kalau yang terlihat lebih banyak keluarga daripada sepasang kekasih atau teman genk. Di arena Waterboom, pengunjung diharuskan membayar karcis masuk sebesar 5ribu rupiah. Di dalam arena ini, ada 2 kolam renang, untuk dewasa dan anak-anak. Di sekelilingnya, terdapat gazebo – gazebo agar pengunjung bisa istrahat usai berenang. Di kolam anak tersebut, ada tiga Waterboom dengan ketinggian yang beda. Cuma sayang, arus airnya tidak terlalu deras, jadi pengunjung kadang terhenti di tengah permainan air tersebut.

Lain lagi, di kolam renang dewasa.Di sini ada permainan Flying fox. Butuh nyali besar untuk meluncur dari ketinggian hanya dengan menggunakan seutas kawat. Awalnya tidak tertarik, karena saya takut yang namanya "ketinggian"!! Ya, selain phobia spider,..saya juga ndak tahan yang namanya ketinggian. Pucat pasi, keringat dingin, kaki gemetar, takikardi,.. (haha..lebay..!!) Tapi,..saya pikir, kalo gak dicoba sekarang, kapan lagi? Kapan lagi saya bisa cerita kalau saya sudah pernah nyobain Flying fox,..(mau pameeer..hihihi). Akhirnya saya dan Sitha pun nekad campur sok nyobain Flying fox. Sampai di atas, sempat ragu juga sih, apa dengan seutas kawat besi itu bisa ngangkat berat badan segini? (hehe..gak pede…). Untung, si instrukturnya berhasil yakinin saya, kalo seutas kawat besi itu bisa ngangkat maksimal berat lima orang dewasa.

Woa,..dag dig dug,..akhirnya nyoba juga. Aaaaaaaaaaaa…teriak saya saat didorong oleh instrukturnya. Jantung kayak mau copot saat pertama kaki melayang di udara,..tapi selebihnya asiik..seruu..!! Malah mau nyoba lagi,..kapan-kapan ke Dufan lagi aah,…

Wednesday, April 01, 2009

Goyang Erotis di Arena Kampanye

Wednesday, April 01, 2009 4
Bukan kisah baru lagi bila di ajang kampanye partai menyuguhkan hiburan bagi simpatisannya. Dari grup band hingga penyanyi dangdut. Yaa..mungkin wajar-wajar saja apabila tidak berlebihan, hitung-hitung untuk menyegarkan pikiran simpatisannya setelah mendengarkan janji-janji politik sang Jurkam (Juru kampanye). Namun kadang, penyanyi dangdut yang ditampilkan di panggung kampanye menggunakan pakaian yang seronok. Aksinya pun demikian. Apalagi dalam kampanye, turut pula anak-anak di bawah umur yang ikut menyaksikan aksi tak senonoh itu.

Seperti yang saya lihat di Liputan 6 SCTV tadi malam, si penyanyi dangdut, Dewi Perssik, dengan lihainya menggoyangkan badan di atas panggung. Setelah itu, penyanyi dangdut lainnya mengajak beberapa orang ke atas panggung untuk bersama-sama berjoget 'erotis'. Yang bikin miris lagi, sang Jurkam ternyata tak lain Ketua DPR, Agung Laksono. Lho,bukannya beliaulah yang seharusnya paling menentang pornoaksi ini. Toh,30 Oktober 2008 lalu,dalam Sidang Paripurna DPR, Agung Laksono- lah yang mensahkan RUU Pornografi menjadi Undang-Undang. Nah kenyataannya para anggota legislatif malah menutup mata akan pornoaksi di depan mereka. Bagaimana masyarakat bisa percaya akan janji-janji politik yang dilontarkan oleh sang Juru kampanye, bila akhirnya mereka sendiri yang mengingkarinya.

Foto : courtesy liputan6.com

Sunday, March 29, 2009

Tsunami kecil di Situ Gintung

Sunday, March 29, 2009 1

Indonesia kembali dilanda bencana. Setelah tsunami melanda Aceh dan sekitarnya 2006 silam, kini daerah Tangerang yang kembali berduka. Jumat dini hari (27/03), Tanggul Situ Gintung jebol, sehingga air bah menerjang rumah warga di sekitar tanggul ini. Data terakhir, musibah ini menelan 92 korban tewas, dan ratusan lainnya belum ditemukan.

Air bah yang datang, layaknya tsunami. Cepat, deras, dan tak terduga datangnya, seperti yang diceritakan para korban. Apalagi, saat tsunami ini datang di saat warga masih tertidur lelap. Sebenarnya, jebolnya tanggul ini sudah diperkirakan oleh sebagian warga dari jam 10 malam. Kemudian, mereka memperingatkan warga yang dekat dengan tanggul untuk mengungsi.Namun, peringatan itu tidak sampai ke warga yang tinggalnya agak jauh dari tanggul Situ Gintung.

Selain faktor alam,human error pun tak lepas dari musibah ini. Hujan yang deras dan kurangnya perawatan tanggul Situ Gintung, diperkirakan menjadi penyebab jebolnya tanggul ini. Walaupun sudah beberapa kali direnovasi, namun faktor usia tak bisa dihiraukan. Tanggul Situ gintung ini pertama kali dibuat pada tahun 1933. Padahal, menurut beberapa ahli, usia yang layak untuk sebuah tanggul sekitar 50 tahun.

Human error juga mungkin terjadi karena adanya pembangunan tempat wisata yang kebablasan. Melihat dulunya kawasan Situ Gintung adalah daerah konservasi alam. Mungkin saja, ada beberapa pihak yang membangun di kawasan tersebut, tanpa memperhitungkan nilai konservasinya. Dimana,sejak digunakan sebagai tempat wisata, danau Situ Gintung mengalami penyempitan, dulunya 28 hektar, namun kini hanya 21 hektar.

Sebenarnya, tidak pantas dalam duka seperti ini untuk saling menyalahkan. Cuma, perlu ketanggapan dan keseriusan pihak yang merasa berkewajiban, seperti pemerintah dan departemen terkait, dalam hal ini departemen Pekerjaan Umum. Mungkin saja relokasi dana oleh pemerintah untuk perenovasian tanggul ini dirasa kurang, sehingga pengerjaannya pun tidak maksimal.

Supaya kejadian seperti ini tak terulang, semoga pemerintah di kota-kota lain, seperti Makassar misalnya, untuk kembali mengecek konstruksi bangunan serupa, Bendungan Bili-bili, salah satunya.

Musibah ini bukan hanya milik Tangerang, namun juga dirasakan di seluruh Indonesia. Semoga korban yang tewas, diterima di sisiNya, dan keluarga yang ditinggalkan bisa mendapat ketabahan. Semoga pemerintah pun bisa segera melenyapkan trauma mereka dengan segera membangun tanggul Situ Gintung yang jebol dan membangun kembali rumah-rumah mereka.

Friday, March 13, 2009

Facebook vs Blogger,..

Friday, March 13, 2009 1

Facebook

Belakangan ini, facebook layak candu di kalangan anak muda sampai orang dewasa. Saya pun salah satu korbannya.Bangun pagi, setelah sholat subuh, tangan saya pun siap di atas tuts ponsel, memperbarui status hari itu. Sekitar jam 9 atau 10 pagi, biasanya saya kembali membuka history internet ponsel saya. Sekedar mengecek notifikasi apa hari itu, dari komentar di status atau foto, sampai pesan di dinding. Dan jadilah rutinitas tiap harinya.

Facebook sebenarnya bukanlah barang baru. Situs pertemanan ini mulai muncul 5 tahun yang lalu, setelah Friendster. Facebook tak hanya digunakan sebagai ajang gaul, sekedar ajang komunikasi dengan teman kampus,namun ada juga yang memanfaatkan sebagai ajang bisnis. Di facebook,bisa saja orang mempromosikan barang atau jasa yang ia miliki di kolom Advertisement,sebelah kanan halaman. Kelebihan facebook lainnya ada di game onlinenya,seperti Winning Eleven atau Pet Society. Kalau saya lebih tertarik dengan fasilitas men-tag foto. Dari foto jadul dengan teman SMA sampai foto berdua dengan sang kekasih,..semua wajib hukumnya untuk di-tag.


Blogger

Sebenarnya blog ini adalah blog kedua saya, setelah blog pertama saya di friendster. Cukup lama saya tak mengupdate tulisan saya di blog ini. Tulisan terakhir yang saya tulis di blog ini mengenai Mal Karebosi yang terendam banjir. 4 bulan lalu, November tepatnya. Itu artinya,sudah 4 bulan ini saya lebih banyak berinteraksi dengan Facebook, atau istilahnya ketagihan.

Bahkan, salah satu senior saya sempat menegur. Katanya,saya mendapat nilai minus di matanya, karena saya terlihat lebih sibuk "mengurus" jejaring facebook saya daripada blog ini. Bagitu juga dengan sepupu saya,menumpahkan kekesalannya di kolom Shoutbox, melihat tulisan saya yang tak pernah diupdate gara-gara keganjringan main Facebook,..

Ternyata jelek-jelek begini tulisan saya, banyak yang menantikan juga,..(hahaha,..tetap saja narsis). Selain tulisan, mungkin tampilan blog akan dipermak biar sedikit lebih fresh. Yaa,...biar saya jadi lebih semangat untuk menulis di blog ini,bukan hanya semangat menulis status di facebook..cayooo,..

 
◄Design by Pocket